Kamis, 12 Mei 2016

Tips Sederhana untuk Menghemat Waktu Belajar

Pasang timer saat mengerjakan tugas penting

Ketika menghadapi deadline tugas tertentu dan cukup sulit, kamu pasti sibuk memusingkan bagaimana menyelesaikannya dalam sisa waktu yang tersedia. Pasanglah timer selama 30 menit untuk kamu secara khusus mengerjakan tugas tersebut. Ingat, fokus untuk mengerjakan tugas itu saja ya!

Atur waktu

Daripada semalam suntuk kamu mempelajari satu mata pelajaran penuh, sebaiknya kamu bagi ke dalam beberapa bagian di waktu yang berbeda. Misalnya, di malam hari kamu menghabiskan waktu dua jam saja, termasuk jeda di antara 30 menitnya; dan di siang hari kamu lakukan yang sama. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan nutrisi lainnnya untuk tubuhmu dengan tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

Duduk di meja

Memang, duduk di kasur dengan sebuah meja lipat di pangkuanmu terasa lebih nyaman. Namun kenyamanan yang ‘berlebihan’ tersebut justru akan membaurkan daya fokus kamu ketika belajar. Gunakan tempat tidurmu hanya untuk beristirahat dan manfaatkan meja belajarmu ya. Jika kamu tetap memilih untuk belajar di tempat tidur, kamu akan memakan waktu cukup lama untuk melawan kenyamanan tersebut.

Buku pelajaran dan buku tulis

Belajar sambil menulis ulang poin-poin penting juga akan menambah daya serap kamu pada saat proses belajar berlangsung. Kamu bisa tempelkan sticky notes warna-warni di dalam buku pelajaran agar lebih semangat. Tulis di tempat yang sering kamu lihat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar